Jupiter mx adalah motor bebek yang lahir dengan mengadopsi teknologi dari motor balap. Faktor keunggulan jupiter mx yang telak membuat kompetitor tak berkutik adalah kapasitas mesinnya paling besar dibandingkan moped lain di indonesia, 4 tak 135 cc 4valve SOHC. Selain itu Jupiter MX juga merupakan moped yang pertama dan satu-satunya di Asia Tenggara yang menggunakan DiASil Cylinder dan Forged Piston yang mendapat jaminan garansi selama 5 tahun. tentu teman-teman bertanya-tanya apa itu sebenarnya teknologi DiASil Cylinder dan Forged Piston?
DiaSil Cylinder
DiaSil Adalah singkatan dari Die Aluminium Silicon, yaitu material logam yang merupakan campuran aluminium dan silicon, sehingga material ini memiliki beberapa keungulan antara lain memiliki kemampuan pendinginan yang baik, ketahanan terhadap aus yang tinggi Keunggulan pengunaan Die Diasil Cylinder adalah sebagai berikut :
DiaSil Adalah singkatan dari Die Aluminium Silicon, yaitu material logam yang merupakan campuran aluminium dan silicon, sehingga material ini memiliki beberapa keungulan antara lain memiliki kemampuan pendinginan yang baik, ketahanan terhadap aus yang tinggi Keunggulan pengunaan Die Diasil Cylinder adalah sebagai berikut :
- Ramah lingkungan, karena bukan mengunakan lapisan nikel total Die-Cast Aluminium (mudah didaur ulang)
- Proses dengan teknologi tinggi dan modern (proses otomatis)
- Ekonomis, tidak menggunakan liner besi sehingga nilai produktivitasnya tinggi
- Performa tinggi, antara lain ringan, pendinginan sempurna, meredam suara berisik, awet atau tidak mudah aus, pemakaian oli hemat
DiASil Cylinder dibuat dengan proses Die Casting (cetak) bukan dengan Coated (lapisan) dapat dilihat gambar dibawah ini pelumasan “Elastic-Dynamic” pada permukaan DiASil Cylinder
Selain itu DiASil Cylinder juga memiliki kemampuan pendinginan yang bagus hal ini dapat dilihat pada grafik dibawah ini, grafik ini menunjukkan permuakaan DiASil Cylinder suhunya lebih rendah dibandingkan Cylinder Aluminium dengan liner besi (conventional)
Keuntungannya adalah
Selain itu DiASil Cylinder juga memiliki kemampuan pendinginan yang bagus hal ini dapat dilihat pada grafik dibawah ini, grafik ini menunjukkan permuakaan DiASil Cylinder suhunya lebih rendah dibandingkan Cylinder Aluminium dengan liner besi (conventional)
Keuntungannya adalah
- Bebas perawatan. saking kerasnya dinding DiASil Cylinder, efek pengikisnya banyak berkurang dibanding silender baja (berkurang 2 hingga 3 kali berdasar tes oleh yamaha).
- Makin irit bahan bakar. DiASil Cylinder merawat permukaan film oli secara ideal pada dinding silinder sehingga konsumsi bahan bakar berkurang.
Forged Piston
adalah piston yang dibuat dengan sistem forging (tempa). memiliki ketahanan yang tinggi dibanding piston konvensional, teknologi Forged Piston adalah teknologi motor balap yang diaplikasikan ke moped. teknologi ini hanya dimiliki oleh yamaha dan indonesia adalah negara pertama yang menggunakannya.
Keuntungannya menggunakan Forged Piston antara lain ;
adalah piston yang dibuat dengan sistem forging (tempa). memiliki ketahanan yang tinggi dibanding piston konvensional, teknologi Forged Piston adalah teknologi motor balap yang diaplikasikan ke moped. teknologi ini hanya dimiliki oleh yamaha dan indonesia adalah negara pertama yang menggunakannya.
Keuntungannya menggunakan Forged Piston antara lain ;
- Tahan lama, tidak mudah aus.
- Suhu muai lebih tinggi.
- Koefisien gesek lebih rendah.
- Berat piston lebih ringan.
- Menghasilkan ‘noise’ lebih kecil.
- Mencegah piston seizure (piston macet)
- Biaya produksi yang efisiensi lapisan timah berfungsi untuk mencegah piston baret sehingga terlihat “berkilau” walaupun bergesekan dengan dinding Cylinde.
Motor Yamaha Jupiter MX 135 LC
- Pemeriksaan tahunan harus dilakukan setiap tahun, kecuali jika pemeliharaan berbasis kilometer dilakukan sebagai gantinya.
- Setelah 30.000 km, ulangi interval pemeliharaan mulai dari 6.000 km.
- Produk yang ditandai dengan tanda bintang (*) harus dilakukan oleh dealer Yamaha karena memerlukan alat khusus, data, teknis dan keterampilan.
No. | Item | Pemeriksaan dan Pemeliharaan | Pembacaan Odometer (x 1000 km) | Periksa Tahunan | |||||
1 | 6 | 12 | 18 | 24 | |||||
1 | * | Keran Bensin | Periksa keran bensin dan selang vakum dari retak atau rusak | V | V | V | V | V | |
2 | Busi | Cek kondisi busi Bersihkan, atur jarak renggang | V | V | |||||
Ganti | V | V | |||||||
3 | * | Katup/ Valve | Cek kerenggangan katup Lakukan penyetelan | V | V | V | V | ||
4 | Saringan Udara | Bersihkan | V | V | |||||
Ganti | V | V | |||||||
5 | * | Baterai | Periksa ketinggian cairan elektrolit Pastikan selang pembuangan diarahkan dengan benar | V | V | V | V | V | |
6 | * | Rem Depan | Periksa kerja rem, level minyak rem, serta kebocoran | V | V | V | V | V | V |
Ganti kampas rem | Setiap mencapai batas | ||||||||
7 | * | Rem Belakang | Periksa kerja rem, atur jarak main bebas pedal rem | V | V | V | V | V | V |
Ganti kampas rem | Setiap mencapai batas | ||||||||
8 | * | Selang Rem | Periksa dari retak atau kerusakan | V | V | V | V | V | |
Ganti | Setiap 4 Tahun | ||||||||
9 | * | Velg Roda | Periksa dari kerusakan Kencangkan jari-jari jika perlu (Spoke Wheel) | V | V | V | V | ||
10 | * | Ban | Periksa tapak kedalaman dan kerusakanGanti bila perlu Periksa tekanan udara ban Tambahkan udara bila perlu | V | V | V | V | V | |
11 | * | Bantalan Roda | Periksa bantalan dari kelonggaran atau kerusakan | V | V | V | V | ||
12 | * | Suspensi/ Lengan Ayun | Periksa cara kerja | V | V | V | V | ||
Lumasi dengan gemuk khusus | setiap 24000 km | ||||||||
13 | Rantai Motor | Periksa kondisi, keselarasan dan kelonggaran rantai Penyetelan serta lumasi dengan oli mesin | Setiap 500 km, setelah pencucian motor, dan stelah berkendara dalam hujan | ||||||
14 | * | Bantalan Kemudi | Periksa kerja bantalan kemudi dari kekasaran | V | V | V | V | V | |
Lumasi dengan gemuk | Setiap 24000 km | ||||||||
15 | * | Pengencang Chassis | Pastikan semua mur, baut dan sekrup kencang | V | V | V | V | V | |
16 | Standar samping dan tengah | Periksa kerja standar Lumasi | V | V | V | V | V | ||
17 | * | Garpu roda depan | Periksa kerja garpu, cek dari kebocoran minyak | V | V | V | V | ||
18 | * | Shockbreker | Periksa kerja, cek dari kebocoran oli shock | V | V | V | V | ||
19 | * | Karburator | Periksa kerja Choke Lakukan penyetelan langsam motor | V | V | V | V | V | V |
20 | Oli Mesin | Ganti Periksa ketinggian oli, periksa kebocoran | V | V | V | V | V | V | |
21 | Filter Oli Mesin | Ganti | V | V | V | ||||
22 | * | Sistem Pendingin (radiator) | Periksa ketinggian air radiator | V | V | V | V | V | |
Ganti | Setiap 3 tahun | ||||||||
23 | * | Switch Rem Depan dan rem Belakang | Periksa kerja switch | V | V | V | V | V | V |
24 | Kabel dan Moving Parts | Lumasi bila perlu | V | V | V | V | V | ||
25 | * | Grip dan Kabel Gas | Periksa cara kerja dan jarak main bebas gas Atur jarak bebas kabel Lumasi rumah grip gas dan kabel gas | V | V | V | V | V | |
26 | * | Air Induction System | Periksa katup udara dan selang dari kerusakan Ganti kerusakan bila perlu | V | V | V | V | V | |
27 | * | Lampu, Sein, dan Switch | Periksa Kerja Lakukan penyetelan lampu besar | V | V | V | V | V | V |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar